admin October 22, 2017 @ 11:24AM

ONDE-ONDE CAHAYA, demikian nama sebuah kue tradisional berbentuk bulat seperti bola, berisi kacang hijau halus, dan berlapis biji wijen di seluruh permukaan kulitnya. Kudapan manis dan lezat ini berwarna kuning kecoklatan setelah digoreng matang. Lebih nikmat lagi jika disantap selagi panas.



onde onde cahaya sragenDi jaman sekarang, seperti kudapan lainnya, pembuatan kue tradisional sudah banyak dimodifikasi baik dari segi penampilan maupun varian rasanya. Hingga terkadang sulit menemukan versi originalnya.

Sebuah industri rumahan “CAHAYA” di kota Sragen, Jawa Tengah, memproduksi Onde-onde dengan citarasa original. Pembuatannya pun dilkakukan secara manual, sama sekali tidak menggunakan mesin apapun. “Usaha onde ini sudah dimulai sejak tahun 2005. Tidak cuma onde-onde saja, kami juga memproduksi kue lumpur, lumpia, dan kue-kue kering.” ,tutur pemilik toko CAHAYA, Hajjah Siti Rochimah.

Awalnya Onde Onde Cahaya ini dipasarkan kepada konsumen dari mulut ke mulut saja. Namun seiring waktu berjalan, konsumen baru berdatangan. Hingga akhirnya Toko CAHAYA memutuskan untuk membuka usaha Onde-onde dengan lebih serius.

Pembuatan onde-onde ini tidak melibatkan terlalu banyak pekerja, namun demikian, setiap harinya mampu memproduksi antara 1200 hingga 1500 perbutir setiap harinya. Apalagi jika pesanan datang dari beberapa instansi atau pelanggan yang hendak mengadakan acara khusus, produksi Onde Cahaya dapat mencapai 3000 buah.

“Onde-onde buatan kami sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet apapun. Kami menjaga rasa onde-onde agar tetap enak.”, ungkap dr. Anwar Suherman, suami pemilik usaha Onde Cahaya Sragen. “Pelanggan kami sudah cukup banyak, diantaranya dari beberapa kantor, bank, rumah sakit, dan beberapa toko lainnya.”, lanjutnya.

Usaha industri rumah tangga yang memproduksi aneka kue tradisional di Toko Cahaya ini sudah memiliki ijin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) sejak tahun 2005.

Rumah produksi beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 40 Sragen, Jawa Tengah. Pesanan sudah dapat dilakukan sejak jam bukanya pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore, melalui nomer telepon (0271) 891197, atau datang langsung ke rumah produksi.

Tak heran jika angka penjualannya terus meningkat dari waktu ke waktu. Onde-onde Cahaya sudah mendapat kepercayaan masyarakat karena produksi kudapannya sudah terbukti lezat dan cita rasa originalnya dapat dijaga dengan baik.

Resep keluarga Onde-onde Cahaya ini, kini sudah dapat anda nikmati di Kota Bandung. Produksi Onde-onde di Bandung ini diberi nama Onde Onde Oma Sragen. Dengan mencoba mengikuti trend yang ada di Kota Bandung, selain dijual onde-onde dengan rasa original, juga dijual onde-onde dengan rasa coklat, keju, susu, pisang keju, dan keju susu. Pesanan dapat dilakukan dengan langsung berkunjung ke rumah produksi yang berada di daerah Cijambe, Ujung Berung, Bandung.

Jika anda merasa penasaran ingin mencicipi cita rasa onde-onde ini, silahkan langsung berkunjung ke rumah produksi di kota-kota terdekat. Mengingat onde-onde ini tanpa menggunakan bahan pengawet apapun, maka onde-onde ini tidak menerima pesanan dengan sistem paket.