admin April 12, 2017 @ 5:25PM

Siapa bilang Bandung kehabisan ide kreatif? Lagi-lagi kota Bandung semangat untuk terus maju dalam kreativitasnya. Acungan jempol untuk Pak WaliKota, Ridwan Kamil dan Pemkot Kota Bandung. Baru-baru ini, sebuah bangunan “Bandung Creative Hub” yang merupakan salah satu pusat kreatif kota Bandung, baru saja diresmikan dan berdiri kokoh dengan arsitektur gaya modern yang benar-benar “out of the box” dari bangunan-bangunan lain yang ada sebelum-sebelumnya.



pusat kreatif kota bandung - gedung bandung creative hub

https://postimage.io/ @jelajahbandung

Selain memiliki segudang industri kreatif lainnya, anak muda kreatif Bandung kini punya tempat berkreasi lagi. Gedung Bandung Creative Hub ini berlokasi di sudut persimpangan antara Jalan Laswi dan Jalan Sukabumi Bandung. Seluruh masyarakat pecinta kreativitas Bandung dan berbagai komunitas bandung yang kreatif, dapat berkumpul dan berkolaborasi dalam gedung ini.

Di dalamnya tersedia berbagai ruang-ruang kreatif dengan fasilitas yang beragam. Gedung ini juga merupakan salah satu gedung pusat kreatif di kota Bandung yang dijadikan percontohan di Indonesia.

Dikutip dari Merdeka.com, Kang Emil, sang walikota Bandung tercinta menuturkan, “Persembahan Pemkot Bandung untuk anak-anak muda Bandung dan visi ekonomi kreatif agar juara dunia.”

Ini juga menjadi salah satu bukti keseriusan Kang Emil membangun kota Bandung yang kreatif dan inovativ. Arsitektur bangunan berpenampilan sangat modern dengan bentuk poligon dan ornamen berwarna-warni trendy. Pembanguan gedung ini langsung dipegang oleh kang Emil sendiri. Harapan Pak Walikota, Ridwan Kamil, Bandung bisa mendapatkan gelar jaringan kota kreatif (Creative Cities Network) yang sekaligus menjadi kebanggan Indonesia. Fasilitas-fasilitas pendukung aktivitas kreatif, seperti museum, galeri, serta amfiteater ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan ide-ide dan karya-karya kreatif bagi masyarakat.

Bandung Creative Center ini memiliki 6 (enam) dengan luas 10.000 meter persegi. “Ada Studio Inovasi (3D Printer, Laser Cutting, Textile Printer, dll) Ada Studio Fashion, Studio ICT, Studio Foto/TV, Studio Musik, Studio Keramik, Design Museum, Design Store, Design/Art Library, Art Gallery, Design Studio, Bioskop untuk Film Eksperimental, Classroom, Cafe/Resto, Co-Working Space dan tempat hang out/Study 24 jam,”  ujar Kang Emil mengupas beberapa fasilitas kreatif dalam gedung tersebut.

Sebagai salah satu pusat kreatif kota Bandung, interior design di dalamnyapun sangat mencerminkan aroma dan gaya kreativitas berkelas. Selain dari fisik bangunan yang megah, bangunan ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendidikan, salah satunya adalah dengan dihadirkannya program Training of Trainer (TOT). Program ini bertujuan untuk melahirkan mentor-mentor yang berkualitas dan dapat bersaing.

Tahun lalu Kang Emil pernah menyampaikan, “Kita akan bikin tiga creative center sekaligus. Belum pernah dilakukan kota lain di Indonesia. Lokasi pertama di Jalan Laswi. Yang kedua menggunakan fasilitas gedung Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jalan Braga. Satu lagi di Jalan Anyar Kiaracondong dengan luas 7 hektar. Itu tanah PGN juga. Di sana namanya Innovation Center, bakal ada mesin laser untuk motong besi dan mesin-mesin mahal yang tidak mungkin bisa dibeli individu. Jadi bisa buat prototipe apa saja di sana.” (Sumber: sosokitu.com)

Rencananya, akan selalu dihadirkan berbagai acara setiap harinya, tentunya diisi dengan acara-acara kreatif khas Bandung. Siapa pun boleh bergabung dalam acara-acara yang mengangkat tema fashion, musik, fotografi, dan kreativitas masyarakat dan komunitas kreatif kota Bandung lainnya.

Selain menjadi kota wisata kreatif yang memikat, ditambah lagi dengan kehadiran bangungan asset kreatif masyarakat yang baru ini, menambah kekayaan pusat kreatif Bandung. Kota Bandung diharapkan dapat mendukung dan memajukan pertumbuhan ekonomi, dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Proyek pemerintah, Pemkot Bandung khususnya, ternyata dapat membuktikan dengan mewujudkannya pembangunan berkualitas bagus, anggaran yang wajar tanpa mengurangi spesifikasi dan tepat waktu. Gedung ini benar-benar dapat menjadi pusat kreatif di Bandung yang membanggakan.

Kota Bandung, semangat terus dengan inovasi seiring dengan kemajuan teknologi. Semoga saja Bandung Creative Hub ini dapat menjadi menjadi inspirasi bagi kota-kota lainnya di Indonesia ya.