Taman Jomblo dan Aneka Taman Tematik Kota Bandung

Written by: admin Rating: 4.5



Bandung yang dikenal sebagai Kota Kembang akan dipenuhi oleh berbagai Taman tematik. Di tahun 2014 ini, ditargetkan tak kurang dari 10 taman tematik yang akan menambah keindahan kota Bandung. demikian diungkapkan Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, setelah peresmian Taman Jomblo Sabtu lalu (1/4). Taman ini terletak tepat di bawah jalan Layang Pasupati, Jalan Tamansari, Kota Bandung.

taman tematik - taman jomblo bandung

Image source: news.detik.com

Sebutan taman Jomblo ini berawal dari sebuah celetukan iseng semata. Bentuk tempat duduk yang dirancang untuk satu orang ini menyebabkan sebutan “jomblo” itupun tercetus. Kolong jembatan pun kini bisa menjadi lokasi yang bisa tampil lebih rapi dan indah. Di lokasi yang tidak berjauhan dari Taman Jomblo, juga telah dibangun Taman Skatepark yang sudah bisa digunakan, meski pembangunannya baru memasuki tahap pertama. Taman ini dapat dijadikan tempat masyarakat yang memiliki hobby skating atau ingin saling belajar bermain skateboard bersama-sama dengan warga lain yang memiliki hobby yang sama. Taman Skatepark ini nantinya akan menjadi sebuah taman dengan taraf internasional.

10 taman yang direncanakan akan diselesaikan di tahun 2014 ini, 7 taman selanjutnya adalah Taman Lampion, Taman Superhero, Taman Musik, Taman Anjing, Taman Buku, Taman Dinosaurus, dan Taman Zikir. Berbagai taman dengan berlainan tema ini dapat dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat dari semua usia.

Memanfaatkan kawasan atau area yang terbengkalai, akan dibangun berbagai taman dengan tema yang beraneka ragam, agar kota Bandung sebuah ruang publik yang nyaman asri dan indah. Masyarakat akan memiliki berbagai alternatif mencari udara segar dan area nyaman ditengah-tengah hiruk pikuk kota, untuk sekedar beristirahat, berinteraksi, berfoto,  atau berekreasi. Masyarakat dapat menyesuaikan minatnya dimana taman yang diminati. Taman-taman ini bisa menjadi alternatif area nyaman untuk jalan-jalan selain di cafe atau mall.

“Selama 5 tahun ke depan akan ada banyak taman baru dengan konsep tematik. Konsep tematik itu adalah agar ada bedanya antara taman satu dan taman lainnya,” tutur Ridwan Kamil dikutip dari Harian Umum Tribun Jabar (5/1). Beliau memiliki target akan membangun sebanyak 300 taman selama 5 tahun kedepan dalam masa kepemimpinannya.

Setelah beberapa waktu sebelumnya telah Ridwan Kamil merancang Kampung Kreatif, Taman kreatif tematik; Taman Jomblo (Tamansari), Taman Puspa (Cilaki) dan Taman Skatepark pun telah diresmikan. Antusias masyarakat cukup baik, dan bahkan taman ini sudah ramai dikunjungi dan dinikmati oleh masyarakat Kota Bandung. Aneka taman tematik ini pun akan dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi.

Taman Puspa ini penuh dengan ribuan jenis tanaman, bahkan beberapa diantaranya juga terdapat pula berbagai tanaman langka. Akan menyusul kemudian Taman Superhero dalam waktu dekat akan dibangun.

Disebut-sebut sebagai bagian dari indeks kebahagiaan warga Kota Bandung dan lokasi wisata, taman tematik ini akan menghadirkan suasana baru yang menyegarkan. Ridwan Kamil berharap ruang terbuka hijau akan menjadi tujuan wisata bagi warga Bandung. Kota Bandung yang terkenal sebagai kota Kembang pun akan menjadi lebih indah dan asri bagi warga Bandung dan bagi para wisatawan.




Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>