Kampung Kreatif Program Wisata di Bandung Terbaru




Bagikan Artikel ini:

Daya tarik pariwisata terbaru di Bandung kini akan menghadirkan sebuah Kampung Kreatif, yang merupakan salah satu program Bandung Juara. Para wisatawan asing tentu ingin mengetahui berbagai macam budaya dan seni tradisional, terutama budaya Sunda bagi mereka yang datang ke Bandung khususnya, dan ke Jawa Barat pada umumnya. Kebanyakan diantara mereka juga datang sebagai backpacker yang ingin terjun secara langsung mengetahui kehidupan sosial budaya tradisional masyarakat Sunda yang benar-benar asli dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di Bandung.

Tempat wisata di bandung untuk backpacker - kampung kreatif
Image courtesy by imagerymajestic | freedigitalphotos.net

Kampung kreatif merupakan ide wisata di bandung yang nantinya juga akan memudahkan para backpacker untuk dapat menikmati kehidupan masyarakat asli Sunda. Mereka akan mendapatkan penginapan di bandung atau homestay di rumah-rumah warga yang memenuhi persyaratan dengan standar khusus, terutama standar Sapta Pesona. Kampung kreatif juga akan menyertakan berbagai fasilitas menarik ke depannya, termasuk fasilitas transportasi wisata menarik, untuk mengunjungi kampung kreatif yang bersifat tematik.

“Kampung kreatif kami gelar mulai bulan depan di Kampung Dago Pojok. Orang bisa melihat keunikan dan orisinalitas warga kampung Dago Pojok. Di sana ada beberapa rumah yang bisa dijadikan tempat menginap oleh turis, ” ujar Ridwan Kamil Wali Kota Bandung, yang ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta (8/10) malam, pada event gala dinner yang digelar Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung (BP2KB). Event gala dinner pada malam itu dihadiri oleh 28 duta besar negara-negara sahabat.

Pilot project program Kampung Kreatif ini dipusatkan di Kampung Dago Pojok. Pihak Ridwan Kamil akan bekerja sama dengan pihak hotel untuk dapat menyajikan kenyamanan, keamanan, kebersihan dan segala sesuatunya. Akan dibentuk khusus dewan rating yang akan dapat memberikan persetujuan suatu rumah yang dapat ditinggali oleh wisatawan. Ridwan sendiri akan terlibat langsung menjadi pemandu wisata, sekaligus dalam uji kelayakan penginapan di kampung kreatif di mulai pada bulan November.

Dikutip dari Harian Tribun Jabar, Herry M Djauhari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menuturkan bahwa Program Kampung Kreatif ini akan diperkenalkan pada festival yang akan digelar bulan November atau Desember nanti.

Ridwan menuturkan bahwa upaya promosi wisata di Bandung ini tak hanya mendatangkan turis reguler, namun juga diharapkan dapat mendatangkan wisatawan dengan kategori quality tourist. Selain itu, beliau juga mempromosikan konsep MICE (Meeting, Incentives, Conferencing, Exhibition), pariwisata urban dan pariwisata resort.

Berbagai keunikan, kekayaan budaya, dilengkapi dengan berbagai tempat wisata alam dan wisata kuliner di Bandung menjadikannya sebagai salah satu Kota Pariwisata perwakilan Indonesia di dunia internasional yang patut dibanggakan. Bandung sendiri telah terdaftar di World Tourism City Federation (WTCF) bersama 106 kota lainnya di dunia. Bandung juga telah dikukuhkan sebagai tujuan pariwisata dunia pada pertemuan WTCF di Beijing, China, 12 September lalu.

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.