Jalan-jalan ke Air Terjun Curug Malela




Bagikan Artikel ini:

Jauh dari hiruk pikuk dan hingar bingar keramaian kota, Bandung menyimpan kekayaan alam yang penuh pesona di banyak sudut daerah yang dapat mendinginkan telinga dan pandangan anda. Curug Malela, sebuah lokasi air terjun di tataran Sunda, memiliki daya tarik tersendiri akan pesona alam yang dihadirkannya. Perjalanan untuk mencapai lokasi air terjun curug Malela, di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini akan memerlukan waktu dan jarak yang cukup panjang. Keunikan apa yang ada di dalamnya?

Tempat wisata di Bandung, Air Terjun Curug Malela ini sering dikenal sebagaiĀ  Niagara Mini. Terdapat 5 arus air terjun seperti layaknya Air Terjun Niagara. Curug Malela ini merupakan satu diantara banyak curug indah dan menawan yang berada di Bandung.

wisata di bandung air terjun curug malela
Image courtesy by Dodi Mulyana | Flickr.com

Meski salah satu wisata alam di Bandung ini belum sepopuler Tangkuban Perahu, namun Curug Malela sudah sering dikunjungi oleh para pecinta alam. Rute perjalanan menuju kawasan curug Malela ini dapat diambil melalui tol Padalarang, menuju ke Cimareme. Kemudian dilanjutkan ke Batu Jajar, Cililin, ambil arah menuju ke Sindang Kerta, kemudian dilanjutkan lagi ke Gunung Halu. Sesampainya disana, lanjutkan kembali perjalanan ke Desa Cicadas.

Anda yang menggunakan kendaraan roda empat sebaiknya lebih berhati-hati, karena medannya cukup licin, becek, berlubang dan terdapat banyak bebatuan besar. Anda pun harus melalui tanjakan dan turunan yang bisa dibilang cukup curam. Dalam perjalanan akan menemui sebuah papan kayu petunjuk bertuliskan “Malela”, sebagai pertanda anda telah sampai ke kawasan Curug Malela. Ojeg juga sering dijadikan pilihan untuk menuju ke lokasi curug tersebut, untuk perjalanan sekitar 3 km.

Anda masih harus menempuh perjalanan lagi dengan berjalan kaki untuk tiba di lokasi pusat letaknya curug Malela berada. Disana anda akan melalui hutan pinus, menyeberangi pematang sawah, dan melintasi celah bebatuan yang licin. Jadi tetaplah berhati-hati.

Setelah perjalan anda yang cukup panjang dan melelahkan, tibalah saatnya anda menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh Curug Malela. Udara dingin dan suara gemercik air akan menemani anda menikmati pesona air terjun Curug Malela, yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan lebar 70 meter.

Sungguh kecantikan alam Curug Malela akan mengguyur hati, pandangan dan pikiran anda menjadi segar kembali. Nikmati keindahan alamnya lebih dekat, dan rasakan percikan kesejukan air terjun yang deras mengalir di atas bebatuan besar di bawahnya.

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.