Mau Coba Mobil Taxi Service Tanpa Pengemudi ?

Written by: admin Rating: 4.5



Anda tentu sudah mencoba berbagai macam mobil dari taxi service yang ada saat ini. Namun tentunya anda belum pernah merasakan bagaimana naik taxi tanpa pengemudi bukan? Di Amerika Serikat, kabarnya akan hadir sebuah mobil taxi otomatis, taxi yang dikemudikan tanpa orang sungguhan.

Tak hanya sibuk dengan eksistensinya di dunia teknologi internet, Google kini mengembangkan sebuah proyek teknologi otomotif. Dikutip dari Wall Street Journal, sebuah mobil otomatis saat ini sedang dikembangkan oleh Google. Mobil yang dapat menyetir sendiri ini akan diterapkan pada mobil taxi yang dinamakan “Robo-taxi”.

mobil otomatis taxi service dari google robo taxi

Sumber gambar : www.ctvnews.ca

Robo taxi service ini akan bekerja untuk menjemput dan mengantar pelanggan atau penumpang ke tempat tujuannya secara otomatis, tanpa menggunakan sopir. Pada awalnya mungkin akan banyak calon penumpang yang merasa ragu untuk naik robo-taxi tersebut. Namun mereka tak perlu khawatir, awalnya mereka akan dipandu dengan pengemudi atau sopir sungguhan. Ketika teknologi mobil otomatis ini telah matang, penumpang dapat diantar ke tujuan secara otomatis, tanpa menggunakan sopir sungguhan lagi.

Berbagai teknologi modern dikembangkan google untuk mempermudah berbagai kebutuhan manusia. Sebenarnya teknologi  kendaraan otomatis ini  juga pernah dikembangkan oleh Google, yang menggunakan basis Toyota Prius.

Menurut penuturan  Jessica Lessin, teknologi blogger, pilihan Google dari armada taksi otomatis adalah sebagian cara untuk mempromosikan teknologi untuk mendapatkan pelanggan potensial sebanyak mungkin, sekaligus mengurangi kecelakaan lalu lintas jalan dan, karena sifatnya on-demand, maka akan dapat mengurangi kebutuhan kepemilikan mobil pribadi.

Uji coba dan eksperimen Google mobil otomatis ini rencananya akan dilaksanakan di sebuah kota di Amerika Serikat.  Kansas, dulu juga dijadikan kota pertama kalinya untuk menerapkan teknologi jaringan internet berkecapatan tinggi Google Fiber. Namun hingga saat ini belum diketahui kota-kota mana saja yang akan dijadikan eksperimen untuk mobil otomatis Google tersebut.

Belum lama ini, Google telah menanam investasi di Uber, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi asal San Fransisco. Pada bulan Juli lalu, Uber juga telah menyatakan bahwa mereka akan membeli 2.500 unit mobil dari Google. Untuk memperlancar proses implementasi teknologinya di otomotif, Google juga telah melibatkan dirinya dalam pembicaraan dalam perancangan, dengan produsen komponen mobil terbesar, Continental AG dan Magna Internasional.

Harga per unit mobil otomotis untuk taxi service ini cukup mahal. Selain itu, masalah regulasi lalu lintas dan politik masih banyak yang belum siap dan belum bisa menerima mobil yang tidak dikendalikan oleh manusia sendiri ini, masih menjadi kendala bagi Google. Jika anda sudah terbiasa menggunakan taxi cab dari taxi bluebird, taxi cipaganti, taxi gemah ripah, dan servis taxi di Bandung dan taxi-taxi di kota-kota lainnya di Indonesia, mungkin nanti saatnya anda mencoba servis taksi tanpa menggunakan pengemudi. Akankah mobil otomatis mobil “Robo-taxi” ini dapat diluncurkan dalam waktu dekat? Kita tunggu kabar menarik ini dari Google selanjutnya.




Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>