Icip Icip Jajanan Tradisional Kue Balok Bandung

Written by: admin Rating: 4.5



Kue Balok Bandung, sebuah kue legendaris khas Jawa Barat. Tergeser posisi ketenarannya oleh berbagai macam kue modern yang semakin hari semakin bervariasi. Inilah yang membuat keberadaan Kue Balok semakin tak terdengar oleh masyarakat yang hidup di jaman semakin modern. Namun demikian, kue balok masih menjadi pilihan oleh-oleh khas Bandung yang nikmat.

Karena bentuknya memang seperti balok-balok, maka kue ini disebut sebagai kue balok. Namun ada juga yang menyebutnya sebagai “Kue Jibeuh”. Jibeuh merupakan singkatan “hiji oge sebeuh” dalam bahasa sunda, yang artinya satu juga mengenyangkan. Ada pula yang menyebutnya sebagai kue robur (nama bisa di masa kue itu booming).

Seperti apa sih bentuknya Kue Balok Bandung itu?

Jajajan Tradisional Kue balok bandung

Sumber gambar: http://karyakuringharatis.blogspot.com

Jajanan tradisional khas bandung kue balok ini murah meriah dan rasanya nikmat. Bentuknya hampir seperti kue pukis. Terbuat dari bahan dasar tepung terigu, gula putih, mentega, telur dan soda kue. Adonan akan dituangkan kedalam cetakan-cetakan berbentuk balok dari bahan kuningan. Biasanya, satu lempengan cetakan ini berisikan 4 cetakan balok kecil. Setelah dituangkan, disimpan anglo diatas cetakan untuk mematangkan kue saat dimasak. Anglo akan diangkat dari atas cetakan, jika kue balok sudah mengembang.

Fungsi Anglo ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan oven, tapi bentuknya berbeda. Anglo digunakan sebagai wadah bara api yang akan menyalurkan hawa panas untuk proses pematangan kue.

Meski bentuknya terlihat hampir mirip dengan kue pukis, ternyata kue balok punya perbedaan secara bentuk, komposisi bahan, dan cara memasak yang berbeda pula. Cara masaknya yang unik cukup membedakan dari kue pukis. Jika pukis dimasak hanya menggunakan kompor dan penutup berbahan seng, maka kue balok menggunakan arang dengan  api bawah dan api atas.

Kini, kue balok Bandung kini telah di modernisasi oleh banyak pembuatnya. Konon katanya, camilan ini sudah ada sejak tahun 80-an, dan sekarang sedang banyak dicari lagi. Namun sekarang, selain tersedia kue balok asli, anda juga dapat mendapatkan kue balok dengan berbagai gaya topping menarik. Berbagai topping lezat seperti keju, coklat, kismis, strawberry, almond, kiwi, dan nanas. Bahkan ada yang sudah menggunakan bahan campuran adonannya dengan susu murni. Selain unik, lezat, dan menarik, kue ini semakin cantik. Menarik bukan?

Jika anda sudah pernah mencoba kuliner khas Bandung lainnya seperti lotek, baso tahu, maka sekarang tak ada salahnya untuk mencicipi kue balok Bandung yang tak kalah nikmatnya. Bagi anda yang penasaran, ingin tahu seperti apa dan bagaimana rasa kue balok tersebut, anda dapat mendatangi beberapa tempat penjual kue balok di Bandung. Harganya cukup beragam, berkisar antar Rp. 700 hingga Rp. 2000 rupiah per buah. Beberapa diantaranya akan MyGetinfo berikan lokasinya di bawah artikel ini. Selamat mencicipi!

Lokasi Kue Balok Bandung:

  • Kue Balok Asep di pinggiran Jalan raya Mochammad Toha, depan Polsekta Regol. Buka pukul 16.00 – 22.00 WIB.
  • Kedai Kue Balok Mang Uju di Jalan Cihapit
  • Kue Balok Tradisional Abah, Jalan Buahbatu
  • Kue Balok Andir Ciroyom
  • Kue Balok Bunderan Cibeureum
  • Kue Balok Pak Emed Nusasari, di Jalan Mohammad Toha  depan Polsekta Regol
  • Referensi:  Tribun Jabar, Minggu 27 Januari 2013



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>