Tips Mengatasi Masalah di Jalan Tol




Bagikan Artikel ini:

Jika anda pengendara kendaraan yang sering bolak balik di jalan tol, ada tips mengatasi masalah di jalan tol yang bisa saja dialami. Beberapa kendala yang mendadak terjadi saat anda berada di jalan tol sering membuat anda panik dibuatnya. Saat melaju di jalan tol, anda harus dapat lebih waspada terhadap berbagai situasi yang mungkin saja terjadi. Siaga dan tahu apa yang harus dilakukan jika menemui masalah di jalan tolĀ dadakan, sangat disarankan.

mengatasi masalah dadakan di jalan tol
Image courtesy of think4photop / FreeDigitalPhotos.net

Berikut cara mengatasi masalah di jalan tol yang sering terjadi dadakan:

Masalah: Macet, dan mesin mobil anda memanas.

Solusi: Jaga jarak dengan mobil di depan, melaju dengan kecepatan tetap. Dengan begitu, radiator akan menyedot lebih sedikit gas panas dari mobil depan anda. Jika melihat uap keluar, parkirlah segera agar tidak merusak mesin.

Masalah: Tempat pembayaran tol terlewati.

Solusi: Tetaplah melaju, jangan mundur apalagi berhenti mendadak. Jika anda mundur, risiko menabrak mobil di belakang secara tiba-tiba sangat besar. Begitu pula bila anda berhenti mendadak. Pelankan kecepatan anda dan berhentilah kira-kira 100 meter di depan pintu tol sambil menepi.

Masalah: Mobil anda mogok di jalur paling kanan.

Solusi: Jangan panik. Nyalakan lampu darurat dan tetaplah di dalam mobil sampai tidak ada mobil yang melaju dari belakang. Jika anda menunggu mobil derek, keluarlah dari mobil agar bisa memberi isyarat.

Masalah: Pedal gasnya macet.

Solusi: Ganti persneling ke netral. Ini akan membuat mesin mobil berisik, tapi jangan hiraukan. Jika perlu, matikan mesin agar fungsi akiselerasi hidrolik mobil mati dan kecepatannya berkurang. Tapi anda jadi sulit mengerem dan mengendalikan mobil anda.

Masalah: Rem tidak berfungsi.

Solusi: Lakukan pengereman mesin dengan cara menurunkan persneling secara bertahap. Anda bisa juga menarik rem tangan sambil tetap menekan tombolnya. Jangan menariknya sampai penuh bila anda tidak ingin mobil anda berputar-putar. Lalu tempelkan mobil sejajar dengan tembok atau pagar tol. Tidak mudah, tapi ini akan membuat mobil anda berhenti.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.