Penyebab dan Cara Mengatasi Demam

Written by: admin Rating: 4.5



Demam sering dialami oleh siapapun, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Demam seringkali datang tiba-tiba dan membuat pekerjaan atau aktivitas kita lainnya terganggu. Terlebih jika panas demam tersebut membuat suhu badan kita semakin tinggi. Sebenarnya apa saja penyebab demam dan bagaimana cara mengatasi demam tersebut.

Demam memang bukan penyakit, tetapi merepotkan bila tidak diatasi dengan baik. Demam juga bisa merupakan tanda bahwa kita menderita penyakit tertentu. Karena itu, demam merupakan alat pemberitahu bagi kita sendiri.

Biasanya penyebab demam sudah bisa diketahui dalam waktu satu atau dua hari. Kalau Anda menduga penyebabnya bukan penyakit karena virus, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Berikut beberapa penyebab umum timbulnya demam:

1. Adanya infeksi seperti infeksi saluran kemih (sering buang air kecil atau buang air kecil disertai rasa pedih), infeksi streptokokus pada tenggorokan (sering kali disertai dengan radang tenggorokan), infeksi sinus (rasa sakit di atas atau di bawah kedua mata), dan abses gigi (bengkak di bagian mulut).

2. Infeksi mononucleosis yang disertai rasa lelah.

3. Tertular suatu penyakit saat Anda berada di luar negeri.

4. Kelelahan karena kepanasan atau terbakar sinar matahari hebat.

Nah, jika Anda mengalami gejala seperti itu dan akhirnya timbul demam, tak ada salahnya Anda melakukan hal-hal berikut ini:

1. Kenakan pakaian tipis meskipun tubuh terasa dingin.
Pakaian tebal dan selimut akan menaikkan suhu tubuh. Suhu yang sangat tinggi (39 derajat atau lebih) pada anak-anak bisa menyebabkan kejang-kejang.

2. Istirahatlah di rumah di ruangan dengan ventilasi yang baik.
Gunakan kipas angin atau alat pendingin udara.

3. Minumlah banyak air putih, sari buah, susu, atau sup bening.
Minuman dingin akan membantu menurunkan suhu tubuh. Cara mudah untuk mengetahui apakah sudah cukup minum atau tidak adalah dengan melihat urin berwarna terang ataukah kuning tua. Kalau berwarna terang, pertanda sudah cukup minum.

4. Usahakan makan seperti biasa meskipun nafsu berkurang.
Bila tidak mau makan, tubuh akan lemah.

5. Periksalah suhu tubuh setiap empat jam sekali.
Janganlah makan atau minum selama setengah jam sebelum suhu tubuh diukur karena hasilnya tidak tepat. Cara terbaik mengukur suhu tubuh adalah dengan menggunakan termometer yang dapat dibeli di apotek.

6. Yang terakhir, kompreslah tubuh dengan kain basah.
Tidak hanya pada bagian kepala saja, tetapi juga seluruh tubuh. Tindakan ini akan membantu menurunkan suhu tubuh.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Itulah penyebab demam dan cara mengatasi demam. Baca artikel menarik tentang demam di link berikut : Atasi Anak Demam Sebelum Diberi Obat.

(Sumber: Tribunnews.com)




CATATAN PENTING:

  1. Tidak diizinkan menulis atau menyertakan alamat url aktif dalam kolom komentar.
  2. Kolom komentar Hanya digunakan sebagai sarana komunikasi, dan bukan sebagai penulisan iklan.
  3. Jika ingin berbagi informasi lebih detail (bukan iklan), agar kemudian dapat kami tayangkan dalam salah satu daftar artikel kami, silahkan BACA terlebih dahulu:

SYARAT DAN KETENTUAN BERBAGI INFORMASI

ISI FORMULIR BERBAGI INFOMASI gratis, dengan mengklik tombol berikut:

FORMULIR BERBAGI INFORMASI

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two × 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>