Kenali Tanda Tanda Melahirkan




Bagikan Artikel ini:

Bagi para ibu hamil, mygentinfo.com akan memberi informasi tentang tanda-tanda melahirkan. Apalagi bagi ibu hamil yang sudah mendekati waktu datangnya proses melahirkan. Tanda-tanda melahirkan ini baiknya diketahui terlebih dahulu, agar anda bisa punya persiapan lebih matang menjelang proses persalinan.

Menjelang atau setelah kandungan genap 9 bulan, umumnya ibu hamil mulai sensitif menyimak berbagai tanda-tanda melahirkan. Ibu hamil harus tanggap mendeteksi tanda-tanda ini sehingga persalinan berjalan dengan lancar. Untuk lebih mengetahui tanda-tanda ini, berikut bettermomtoday mengulasnya.

1. Lendir bercampur darah
Keluarnya lendir bercampur darah merupakan tanda alami menjelang persalinan. Terjadinya bisa beberapa hari sebelum persalinan. Saat ini terjadi, jangan langsung panik, tunggulah sampai Ibu mendapat kontraksi yang teratur atau air ketuban pecah. Baru setelah itu Ibu pergi ke rumah sakit. Tapi, jika pendarahan terjadi terus menerus, segera hubungi dokter.

2. Air ketuban pecah
Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketubah keluar. Normalnya, ketuban itu cairannya bening, tidak berbau dan bersih. Jika ini terjadi, segera hubungi dokter dan segera ke rumah sakti, walaupun Ibu belum merasakan kontraksi, karena ini menjadi resiko infeksi. Sementara di perjalanan gunakan pembalut wanita untuk dapat menyerap cairan ketuban Ibu.

3. Kontraksi yang teratur
Tidak seperti kontraksi Braxton Hicks, kontraksi saat menjelang persalinan lebih teratur. Mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.

Jika ini terjadi, mulailah untuk menghitung waktunya. Catatlah lamanya waktu antara satu kontraksi dengan kontraksi berikut, dan lamanya kontraksi berlangsung. Persalinan hanya terjadi bila kontraksi menjadi semakin dekat 40 detik antara kontraksi lainnya. Persalinan pertama akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik Ibu menunggu di rumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit, Ibu dapat pergi ke rumah sakit. Jangan lupa membawa tas yang sudah disiapkan.

(Sumber: www.infoibu.com)

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.